Dinas Kesehatan
Kota Bogor
Hasil Survei Kepuasaan Puskesmas Semester I Tahun 2024
Hasil Survei Kepuasaan Puskesmas Semester I Tahun 2024
Hasil Survei Kepuasaan Puskesmas Semester I Tahun 2024
20 August 2024

Hallo Sobat Sehat,

Berdasarkan hasil penyempurnaan Road Map Reformasi Birokrasi Nasional 2020-2024 bahwa Sasaran 2 Reformasi Birokrasi General yaitu Budaya Birokrasi BerAKHLAK dengan ASN yang Profesional, adapun salah satu aspek yang dilihat melalui Nilai Survei Kepuasan Masyarakat.

Selain untuk mendukung tercapainya sasaran reformasi birokrasi general,pelaksanaan survei kepuasan masyarakat pada Dinas Kesehatan Kota Bogor dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan penerima layanan terhadap kualitas pelayanan guna membangun kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pelayanan publik dengan menjadikan keluhan masyarakat sebagai sarana untuk melakukan perbaikan pelayanan publik.

Berdasarkan hasil survei kepuasan masyarakat pada pelayanan Dinas Kesehatan Kota Bogor, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

Semester I (Januari - Juni Tahun 2024)

Survei Kepuasan Masyarakat pada Dinas Kesehatan dilakukan secara elektronik (google form) terhadap Pelayanan Izin Operasional Apotek, Pelayanan Jaminan Kesehatan Daerah, Pelayanan Rekomendasi Baznas Kota Bogor, Pelayanan Rekomendasi Hasil Penilaian Kesesuaian Izin Perpanjangan Rumah Sakit Kelas C dan D, Pelayanan Rekomendasi Hasil Penilaian Kesesuaian Sertifikat Standar Klinik, Pelayanan Sertifikasi Pemenuhan Komitmen Produksi Pangan Olahan Industri Rumah Tangga (PIRT), Pelayanan Sertifikat Laik Higiene Sanitasi (SLHS) dan Pelayanan Sertifikat Laik Sehat (SLS).

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada pelayanan Dinas Kesehatan Kota Bogor sebesar 95,12 dengan Mutu Pelayanan “A”.

Nilai tertinggi dari unsur pelayanan diperoleh pada aspek “Biaya/Tarif” sebesar 96,93. Sedangkan, nilai terendah dari unsur pelayanan diperoleh pada aspek “Kompetensi Pelaksana” sebesar 94,26.